IMPLEMENTASI METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • MUNISA HEHAITU (SMP Negeri 21 Ambon)

Keywords:

Implementasi Quantum Teaching, Motivasi Belajar

Abstract

Tipe Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Quantum Teaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Al-Hilaal 5 Kranjang Kota Ambon. Hasil penelitian menjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran Quantum Teaching, dapat meningkatkan motivasi belajar belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas IV SD Al-Hilaal 5 Kranjang Kota Ambon. Berdasarkan hasil data observasi pada awal penelitian motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD Al-Hilaal 5 Kranjang diperoleh rata-rata persentase 47,5% dengan kategori kurang. Kemudian berdasarkam hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa dengan rata-rata persentase 62,5% dengan kategori Cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 77,5% dengan kategori baik. Implementasi metode pembelajaran Quantum Teaching menjadikan aktivitas belajar siswa lebih aktif dan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam diterima dengan baik oleh siswa.

 

Downloads

Published

2021-12-06

Issue

Section

Articles