PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • MOHAMAD KASIM RAHANAR SMP Satap Niela Mangur, Kota Tual, Provinsi Maluku

Keywords:

Metode Index Card Match, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang perangkatnya terdiri atas empat komponen, yaitu planning, action, observation, dan reflection. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes, observasi, dokumentasi dan wawancara yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, yakni siklus I dan siklus II. Data hasil penelitian kemudian di analisis dengan menggunakan rumus analisis mean, dari Arikunto untuk mendapatkan rata-rata skor hasil belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan metode index card match dalam pembelajaran PAI materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Swt, di Kelas VIII SMPN Satap 2 Tual. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa peserta didik sudah dapat menunjukkan hasil belajar yang meningkat. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai peserta didik yang sudah jauh di atas indikator yang ditentukan yaitu sebesar 77,22. Rata-rata nilai pada siklus II jika dibandingkan siklus I dan pra siklus juga sudah mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini juga berdampak pada tingkat ketuntasan yang mengalami kenaikan signifikan sebesar 83,33% dari indikator yang ditentukan yakni 75%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode index card match, maka akan terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2022-01-17

Issue

Section

Articles