GURU PENGGERAK SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN DI ERA SOCIETY 5.0: SEBUAH KAJIAN LITERATUR

Authors

  • ANDI RIDWAN (Guru SMP Negeri 7 Tual, Maluku)

Keywords:

Guru Penggerak, Pemimpin Pembelajaran, Guru di Era Society 5.0

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan Guru Penggerak sebagai pemimpin dalam pembelajaran di Era Society 5.0, dimana konsep guru penggerak merupakan formulasi kebijakan pendidikan yang terarah untuk melahirkan guru sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Studi Pustaka dijadikan sebagai metode dalam penelitian. Data-data diambil, dikumpulkan, dan dianalisis dari buku-buku dan jurnal ilmiah yang mempunyai topik kemiripan, kemudian dijadikan tulisan dan simpulan. Hasil studi menunjukkan bahwa  menjadi seorang guru penggerak tidaklah mudah, melewati proses seleksi mulai dari tahapan seleksi, kemudian mengikuti pendidikan guru penggerak yang tadinya selama 9 bulan menjadi 6 bulan dengan tidak mengurangi substansi kompetensi guru penggerak. Guru penggerak sebagai patron pembelajaran merupakan pemimpin yang harus selalu mengasah kemampuan dirinya untuk tampil lebih mencerahkan dan lebih professional. Melalui program guru penggerak menjadi wadah membentuk dan memapankan karakter kepemimpinan seorang guru.

Downloads

Published

2022-01-17

Issue

Section

Articles