PENGGUNAAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAN RESITASI DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • ABDUSSALAM LAITUPA (SD Negeri 6 Ambon-Maluku)

Keywords:

metode pemberian tugas belajar dan resitasi, hasil belajar siswa

Abstract

Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data, data kualitatif hasil pengamatan proses pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dengan siklus II, sedangkan data yang berupa angka (data kuantitatif) dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I, dan nilai tes siklus II, kemudian direfleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode pemberian tugas dan resitasi dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan bagi siswa kelas IV SD Negeri 6 Ambon semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode pemberian tugas dan resitasi dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas IV SD Negeri 6 Ambon. Terbukti dari hasil belajar awal ke siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 15 siswa (35,71%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 26 siswa (61,90%) meningkat 33 siswa (78,57%). Nilai rata-rata dari 78,57 menjadi 83,10 meningkat sebesar 4,53.

Downloads

Published

2022-01-17

Issue

Section

Articles

Categories