PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI MOTIFASI BELAJAR SISWA

Authors

  • ASNITA ASYIM (SMP Negeri 2 Ambon-Maluku)

Keywords:

qauantum teaching, motifasi belajar

Abstract

Metode yang digunakan dalam penulisan adalah deskriptif kuantitatif. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan peristiwa atau suatu kejadian yang terjadi pada saat sekarang dalam bentuk angka-angka yang bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khusunya kelas IX SMP negeri 2 Ambon pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  dan untuk untuk mengetahui  sejauh mana mengunakan model pembelajaran Quantum Teaching dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching  berorientasi pada peningkatan motivasi belajar siswa. Model pembelajaran Quantum teaching mampu merangsang siswa sehingga siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran dan secara otomatis siswa menjadi lebih termotivasi. Penggunaan model pembelajaran quantum teaching dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam  mampu meningkatkan motivasi belajar siswa  kelas IX di  SMP Negeri 2 Ambon hingga 80%.

Downloads

Published

2022-01-17

Issue

Section

Articles