PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL (KONTROL DIRI) PESERTA DIDIK

Authors

  • LA ODE ISRA RAMLI Ma Ikhlas Beramal Ani-Maluku

Keywords:

Peran Guru Akidah Akhlak, Kontrol Diri Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian lapangan. Tehnik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1. Guru mata pelajaran akidah akhlak dalam penguatan kontrol diri peserta didik MA Ikhlas Beramal Ani, telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai guru, yakni dengan menanamkan kejujuran, kedisiplinan, sopan-santun dan keteladanan kepada peserta didik. Selain itu guru akidah akhlak menggunakan media berbasis teknologi yang berkembang saat ini untuk mendukung proses penguatan kontrol diri peserta didik agar peserta didik tidak salah menggunakan teknologi ke arah yang salah. 2. Faktor penghambat dalam penguatan kontrol diri peserta didik  di MA Ikhlas Beramal Ani adalah faktor eksternal seperti pergaulan teman sebaya yang kurang baik dan adanya media sosial yang berlebihan dan tanpa bimbingan orangtua. Faktor pendukung dalam penguatan kontrol diri peserta didik adalah lingkungan madrasah yang yang selalu disiplind penguatan kontrol diri peserta didik, juga linglungan keluarga yang mengajarkan hal-hal positif pada anak.

Downloads

Published

2023-12-22

Issue

Section

Articles