PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI LUMAITI SIMI

Authors

  • WIWIN RUMBAROA SMP Negeri Lumaiti Simi

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari wawancara dan teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek berasal dari guru mata pelajaran PAI dan Kepala Sekolah.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual pada materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi Yang Bertakwa di SMP Negeri Lumaiti Simi Kec. Waesama setelah menerapkan model pembelajaran kontekstual pada proses pembelajaran, motivasi siswa meningkat meskipun belum maksimal. Pendekatan kontekstual merupakan pendekatakan yang dikembangkan dengan tujuan agar proses pembelajaran berjalan aktif, produktif dan memilki makna dalam kehidupan siswa. Tidak hanya menekankan pada pengetahuan kognitif saja tetapi juga pada afektif dan psikomotorik. Namun masih terdapat beberapa siswa yang sulit memahami dan menerapkan materi yang disampaikan, terpengaruh dengan agama lain yang terlihat lebih menarik dan mudah, berkelahi dengan teman sehingga menimbulkan kesalahfahaman antar wali murid.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles